Jumat, 05 November 2010

Penggolongan Koperasi

PENGGOLONGAN KOPERASI

· Berdasarkan Bidang Usaha

1. Koperasi Konsumsi

Koperasi konsumsi adalah koperasi yang berusaha dalam bidang penyediaan barang-barang konsumsi yang dibutuhkan oleh para anggotanya. Jenis konsumsi yang dilanyani oleh suatu Koperasi konsumsi sangat tergantung pada latar belakang kebutuhan anggota yang hendak dipenuhi melalui pendirian Koperasi yang bersangkutan.

2. Koperasi Produksi

Koperasi produksi adalah koperasi yang kegiatan utamanya melakukan pemeroses bahan baku menjadi barang jadi atau barang stengah jadi. Namun demikian, karena kegiatan memproduksi suatu barang biasanya terkait secara langsung dengan kegiatan memasarkan barang-barang itu, Koperasi produksi biasanya juga bergerak dalam bidang pemasaran barang-barang yang diproduksinya.

3. Koperasi Pemasaran

Koperasi Pemasaran adalah Koperasi yang dibentuk terutama untuk membantu para anggotanya dalam memasarkan barang-barang yang mereka hasilkan. Dalam kasus produsen kecil misalnya, maka masing-masing produsen kecil itu tetap melakukan produksi secara individual.

4. Koperasi Kredit

Koperasi kredit atau Koperasi simpan-pinjam adalah Koperasi yang bergerak dalam bidang pemupukan simpanan dalam para anggotanya, untuk kemudian dipinjamkan kembali kepada para anggota yang memerlukan bantuan modal.

· Berdasarkan Jenis Komoditi

1. Koperasi Pertambangan

Koperasi Pertambangan adalah Koperasi yang melakukan usaha dengan menggali atau memanfaatkan sumber-sumber alam secara langsung tanpa atau dengan sedikit mengubah bentuk dan sifat sumber-sumber alam tersebut.

2. Koperasi Pertanian dan Perternakan

Koperasi Pertanian adalah Koperasi yang melakukan usaha sehubungan dengan komoditi pertanian tertentu. Koperasi jenis ini biasanya beranggotakan para petani,buruh tani,serta mereka yang mempunyai sangkut paut secara langsung dengan usaha pertanian.

3. Koperasi Industri dan Kerajinan

Koperasi Industri atau Koperasi kerajinan adalah enis koperasi yang melakukan usahanya dalam bidang usaha industry atau kerajinan tertentu. Kegiatan koperasi jenis ini biasanya berkaitan dengan usaha pengadaan bahan baku, usaha pengolahan bahan baku itu menjadi barang jadi atau setengah jadi atau setengah jadi,usaha pemasaran hasil, atau gabungan dari ketiga jenis usaha tersebut.

4. Koperasi Jasa-jasa

Koperasi jasa merupakan koperasi yang mengkhususkan usahanya dalam memproduksi dan memasarkan kegiatan jasa tertentu. Tujuan utama pendirian Koperasi jasa adalah untuk menyatuan potensi ekonomi yang dimiliki oleh masing-masing anggotanya.

· Berdasarkan Jenis Anggota

1) Koperasi Karyawan (Kopkar)

2) Koperasi Pedagang Pasar (Koppas)

3) Koperasi Angkatan Darat (Primkopad)

4) Koperasi Mahasiswa (Kopma)

5) Koperasi Pondok Pesantren (Koppontren)

6) Koperasi Peranserta Wanita (Koperwan)

7) Koperasi Pramuka (Kopram) dan lain sebagainya.

· Berdasarkan Daerah Kerja

1. Koperasi Primer

2. Koperasi Sekunder

3. Koperasi Tertier

1 komentar: