Rabu, 21 Desember 2011

Resensi Ekonomi

Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen adalah salah satu alat yang dapat di gunakan oleh manajemen sebagai input perencanaan,pengendalian serta pengambilan keputusan dari sekian banyak alternative yang dihadapi, terutama dalam mencapai tujjuan maksimalisasi kesejahteraan manajer, dan tujuan-tujuan berikutnya, seperti maksimalisasi kesejahteraan para pemilik sumber-sumber dan masyarakat umumnya.

Fenomena global saat ini mengharuskan manajemen melakukan perubahan perspektifnya. Begitu banyaknya perusahaan yang bersifat multidomsetik,multinasional,atau transnasional muncul. Perusahaan yang menjalankan usahanya di Negara asal dan Negara lainnya mungkin menemukan faktanya tidak berlaku di Negara lain. Sebagian besar perbedaan ini berkaitan dengan lingkungan bisnis, yaitu lingkungan budaya,hukum,politik, dan ekonomi masing-masing Negara.

Dalam rangka memenuhi perkembangan di atas,akuntansi manajemen pun memerlukan pengetahuan untuk menangani masalah keuangan dan operasi bisnis sehari-hari khususnya yang berkaitan dengan operasi perusahaan yang bersifat global. Untuk itulah pada edisi ini penulis menambahkan satu bab berjudul “Masalah Inernasional dalam Akuntansi Manajemen”. Selain itu,juga dilakukan adaptasi teerhadap teori baru berkenaan dengan pembebanan dan alokasi biaya tidak langsung dalam menetapkan harga pokok yang adil dan akurat, yaitu “Activity Base Costing (ABC) dan Activity Base Management (ABM)”.

Activity Base Costing (ABC), suatu prosedur yang menghitung biaya objek seperti produk,jasa,dan pelanggan. ABC pertama-tama membebankan biaya sumber daya ke aktivitas dibebankan ke produk,pelanggan, dan jasa yang berguna untuk menciptakan permintaan atas aktivitas.

Objek Biaya dan Cost Driver (pemicu daya)

1. Objek biaya merupakan sesuatu atau aktivitas di mana biaya diakumulasikan.

2. Empat jenis objek biaya adalah :

a. Produk atau kelompok produk yang saling berhubungan

b. Jasa

c. Departemen

d. Proyek

3. Cost driver merupakan factor-faktor yang mempunyai efek terhadap perubahan level biaya total untuk suatu objek biaya.

ABM adalah proses manajemen yang digunakan menyediakan informasi oleh suatu dasar aktivitas atas dasar analisis biaya untuk mengembangkan keuntungan organisasi.

ABM mencakup pembuatan keputusan berikut :

1. Modifikasi harga,bauran produk, dan bauran pelanggan.

2. Meningkatkan hubungan dengan pemasok dan pelanggan.

3. Meningkatkan rancangan produk dan jasa.

4. Membuat aktivitas lebih efisiensi.

5. Mengurangi kebutuhan untuk membentuk aktivitas yang tidak perlu dan yang tidak menciptakan nilai pelanggan.

Perempuan Perkasa

Perempuan-Perempuan Perkasa

Perempuan-perempuan yang membawa bakul di pagi buta , dari manakah mereka

Ke stasiun kereta mereka datang dari bukit-bukit desa

Sebelum peluit kereta api terjaga

Sebelum hari bermula dalam pesta kerja

Perempuan-perempuan yang membawwa bakul dalam kereta, kemanakah mereka

Di atas roda-roda baja mereka berkendara

Mereka berlomba dengan surya menuju ke gerbang kota

Merebut hidup di pasar-pasar kota perempuan-perempuan yang membawa bakul di pagi buta

Siapakah Mereka

Akar-akar yang melata dari tanah perbukitan turun ke kota

Mereka cinta kasih yang bergerak menghidupi desa demi desa