Jumat, 05 November 2010

Mengapa Kita Perlu Berkoperasi

MENGAPA KITA PERLLU BERKOPERASI

1. Alasan Historis

Sejarah mencatat bahwa pendirian Koperasi sedikit banyak juga dipengaruhi oleh perjalanan historis sebuah bangsa. Sebagai missal, pendirian Koperasi Rochdale di Inggris da dibeerapa wilayah lainnya di Eropa, tidak bias lepas dari perjalanan historis yang di alami oleh negar-negara tersebut pada saat itu. Sebagaimana diketahui, sejak zaman merkantilisme, yang kemudian disusul oleh terjadinya revolusi industri di Eropa.

2. Alasan Politis

Alasan ini bersumber dari pepatah “bersatu kita teguh,bercerai kita runtuh”. Bila orang-orang yang termasuk golongan ekonomi lemah menyatukan diri dalam suatu badan usaha, secara tidak langsung mereka juga menyatukan dirinya menjadi suatu kekuatan politis. Ibarat sapu yang maasing-masing dapat dipatahkan dengan mudah, maka ia akan menjadi kuat bila dipersatukan dalam wadah Koperasi. Sebaliknya, bila mereka bertindak dan berusaha sendiri-sendiri peranan mereka akan kurang diperhitungkan.

3. Alasan Ekonomis

· Untuk menekan biaya usaha

· Menigkatkan pelayanan kepada anggota

· Membuka kesempatan untuk bergabung dalam badan usaha

4. Alasan Sosiologis

Selain memiliki kebutuhan ekonomi, setiap manusia juga memilliki kebutuhan sosial. Selaku makhluk sosial, manusia saling membutuhkan satu sama lain. Dorongan-dorongan atau naluri manusia untuk mempertahankan diri, bergaul, tolong-menolong, perasaan ingin dihargai dan sebagainya menyebabkan manusia selalu ada kehendak untuk bergaul, bersatu atau berkumpul dengan sesamanya. Upaya memenuhi kebutuhan ini biasanya mendorong setiap orag untuk mencari teman senasib dan seperjuangan.

5. Alasan Yuridis

Akhirnya, pendirian dan pengembangan Koperasi di suatu Negara tidak mungkin dapat di pisahkan dari adanya alasan yuridis. Alasan yuridis atau alasan hukum adalah landasan ang menjamin pendirian Koperasi serta pelaksanaan kegiatannya di dalam suatu Negara. Alasan yuridis ini merupakan dasar yang secara langsung ikut menciptakan tumbuhnya iklim berkoperasi dalam suatu masyarakat, yaitu suatu keadaan yang mendoronng rakyat banyak untuk bersatu dan bekerja sama dalam badan usaha Koperasi.

2 komentar: