Sabtu, 05 November 2011

Deduksi Secara Langsung dan Tidak Langsung

· Deduksi Secara Langsung

1. Semua S adalah P

Sebagian P adalah S

Contoh :

· Semua sepeda beroda

Sebagian yang beroda adalah sepeda

· Semua manusia membutuhkan makan dan minum

Sebagian yang membutuhkan makan dan minum adalah manusia

2. Tidak satupun S adalah P

Tidak satupun P adalah S

Contoh :

· Tidak satupun bunga mawar adalah bunga melati

Tidak satupun bunga melati adalah bunga mawar

· Tidak satupun motor adalah mobil

Tidak satupun mobil adalah motor

3. Semua S adalah P

Tidak satupun S adalah tidak P

Contoh :

· Semua ibu adalah wanita

Tidak satupun ibu yang tidak wanita

· Semua makhluk hidup adalah ciptaan Tuhan

Tidak satupun makhluk hidup yang bukan ciptaan Tuhan

4. Tidak satupun S adalah P

Semua S adalah tidak P

Contoh :

· Tidak satupun manusia adalah hewan

Semua manusia bukan hewan

· Tidak satupun wanita adalah berkumis

Semua wanita tidak berkumis

5. Semua S adalah P

Tidak satupun S adalah bukan P

Tidak satupun bukan P adalah S

Contoh :

· Semua wanita adalah cantik

Tidak satupun wanita yang tidak cantik

Tidak satupun yang tidak cantik adalah wanita

· Semua kakek adalah ayah

Tidak satupun kakek yang bukan ayah

Tidak satupun bukan ayah adalah kakek

Ø Deduksi Secara Tidak Langsung

1. Silogisme Kategorial

Contoh :

· Semua orang tua memiliki sifat penyayang.
Ibu Rico adalah orang tua.
Jadi Ibu Rico memiliki sifat penyayang.

2. Silogisme Hipotesis

Contoh :

· Jika haus pasti saya minum air.
Saya haus saya minum.
Jadi saya minum air.
Jika tidak haus, saya tidak minum air.
Tidak haus tidak minum,
Jadi saya tidak minum air.

3. Silogisme Alternatif

Contoh :

· Saya ingin makan daging kambing atau sapi.
Saya makan daging kambing.
Jadi saya tidak ingin makan daging sapi.

4. Entimen

Contoh :

· Saya makan karena saya lapar.
Jika lapar maka saya akan makan.

5. Rantai Deduksi

Jenis buah-buahan banyak sekali tetapi saya lebih suka dengan buah jeruk.dari bentuknya yang saya suka sekali dengan buah jeruk. Saya suka sekali memakan buah jeruk. Ibu saya sering membeli buah jeruk karena saya senang sekali memakan buah jeruk. Saya lebih suka buah jeruk yang rasanya manis di bandingkan yang rasanya masam. Buah jeruk banyak sekali vitaminnya maka dari itu saya suka sekali dengan buah jeruk. Bagian dari jeruk yang paling saya suka adalah warnanya yang bagus dan sari buahnya yang enak untuk di minum. Setiap melihat buah jeruk saya langsung membelinya. Setiap minggu saya selalu memakan buah jeruk atau meminum sari buahnya untuk di buat minuman segar. Sampai di halaman depan rumah saya menanam buah jeruk karena saya suka sekali dengan buah jeruk. Semua keluarga saya suka sekali dengan buah jeruk. Jadi saya suka sekali dengan buah jeruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar